Senin, 11 Februari 2013

AMALAN BERBUKA PUASA

AMALAN BERBUKA PUASA

AMALAN BERBUKA PUASA

Sebenarnya ketika berbuka puasa terdapat beberapa amalan-amalan yang bisa kita lakukan. diantara amalan berbuka puasa ialah berbuka dengan kurma. mungkin selama ini kita tidak mengetahuinya, maka dari itu disini saya akan menjelaskan tentang beberapa amalan berbuka puasa.



AMALAN BERBUKA PUASA

Pada saat berbuka puasa sebenarnya terdapat amalan-amalan yang membawa kepada kebaikan dan keberkahan. Tetapi kita tidak pernah mengetahuinya dan sering melalaikannya. Satu hal utama yang sering kita lupakan yaitu do’a. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari tentang amalan berbuka puasa, diantaranya ialah:

1.Menyegerakan untuk berbuka puasa
Yang dimaksud dengan menyegerakan berbuka puasa ialah tidak berarti kita berbuka sebelum waktunya. Namun yang dimaksud ialah ketika matahari sudah tenggelam atau ditandai dengan dikumandangkannya adzan Maghrib, maka segeralah untuk berbuka. Tidak perlu menunggu sampai selesai adzan atau setelah shalat Maghrib. Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum menunaikan ibadah shalat Maghrib dan bukanlah menunggu sampai shalat Maghrib selesai dikerjakan. Inilah contoh akhlaq dari suri tauladan kita yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

2. Disunnahkan untuk berbuka dengan kurma atau seteguk air
Dalam hadist Anas bin Malik dikatakan bahwa Nabi SAW sangat menyukai berbuka dengan rothb atau kurma basah karena rothb begitu enak untuk dinikmati. Tetapi kita jarang menemukan rothb di negeri kita ini karena kurma yang sudah sampai ke negeri kita kebanyakan adalah kurma kering  atau tamr. Jika tidak ada rothb, barulah kita mencari tamr. Jika tidak ada kedua kurma tersebut, maka dapat menggantinya dengan makanan yang manis-manis. Ulama Syafi'iyah mengatakan, ketika berpuasa penglihatan kita bisa berkurang dan kurma itulah sebagai pemulihnya dan makanan manis itu semakna dengannya (Kifayatul Akhyar, 289). Jika tidak ada lagi, maka berbukalah dengan seteguk air. Inilah yang diisyaratkan dalam hadits Anas.

3. Sebelum makan berbuka, bacalah bismillah supaya bertambah berkah
 Inilah yang dituntunkan dalam agama Islam supaya makan kita menjadi berkah yang  artinya menuai kebaikan yang banyak. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda,
وَآخِرَهُ أَوَّلَهُ اللَّهِ بِسْمِ فَلْيَقُلْ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ
"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858, hasan shahih).
  
4. Ketika berbuka berdo’a "Dzahabazh zhoma-u ..."
Do'a ini tidak berarti dibaca sebelum berbuka dan bukan berarti puasa itu baru batal ketika membaca do'a di atas. Ketika ingin makan, tetap membaca 'bismillah' sebagaimana dituntunkan dalam penjelasan sebelumnya. Ketika berbuka, mulailah dengan membaca 'bismillah', kemudian makanlah beberapa kurma, kemudian ucapkan do'a di atas 'dzahabazh zhoma-u ...'. Karena do'a di atas sebagaimana arti tekstual dari "أَفْطَرَ إِذَا ",yang berarti ketika setelah berbuka.

5. Minumlah dengan 3 nafas dan membaca ‘bismillah’
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa minum dengan tiga nafas. Jika wadah minuman didekati ke mulut beliau, beliau menyebut nama Allah Ta’ala. Jika selesai satu nafas, beliau bertahmid (memuji) Allah Ta’ala. Beliau lakukan seperti ini sebanyak tiga kali.” (Shahih, As Silsilah Ash Shohihah no. 1277)

6. Memberi makan berbuka
Ketika kita diberi kelebihan rizki oleh Allah, manfaatkanlah waktu Ramadhan untuk banyak-banyak berderma, di antaranya ialah dengan memberi makan berbuka karena pahalanya yang amat besar.

7. Berdo'a secara umum ketika berbuka puasa.
Waktu berbuka ialah waktu mustajabnya do'a atau dikabulkannya do’a. Maka janganlah seorang muslim melewatkannya begitu saja. Manfaatkanlah moment tersebut untuk berdo'a kepada Allah supaya dimudahkan semua urusan dunia dan akhirat.

8. Berdo’a ketika selesai berbuka puasa
Di antara do’a yang shahih yang dapat diamalkan dan memiliki keutamaan luar biasa ialah do’a “Alhamdulillaahilladzii ath'amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Namun jika tidak bisa maka cukup dengan mengucapkan “alhamdulillah”.

Demikian penjelasan dari amalan-amalan ketika berbuka puasa. Semoga amalan yang sederhana ini bisa kita amalkan. Dan semoga bulan Ramadhan kita dipenuh dengan kebaikan dan keberkahan. Amiieennn. 

Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat buat saya, visit juga ya http://shalat-sunah-malam.blogspot.com/

    BalasHapus